Anestesi Untuk Anak

Saat anak menjalani operasi pasti ada rasa stres yang muncul baik pada anak sebagai pasien maupun orang tua sang anak. Banyak pertanyaan mengenai aman tidaknya sebuah proses anestesi dalam operasi tersebut dan setiap dokter anestesi dapat memahami kekhawatiran Anda.

anestesi untuk anak

Tetapi jangan khawatir, karena anestesi aman bahkan pada anak usia 7 atau 17 tahun selama anak terpapar agen atau obat anestesi dalam jangka waktu yang sudah direkomendasi. Anestesi merupakan salah satu bagian penting dari ruang operasi yang tidak tergantikan sampai sekarang. Perannya untuk menghilangkan atau mengurangi rasa sakit dan beberapa masalah psikis terutama pada operasi besar ataupun operasi beresiko tinggi diperlukan untuk meningkatkan kelangsungan hidup pasien.

Menurut arahan Asosiasi Pengawas Makanan dan Obat-Obatan di Amerika (FDA), untuk anak usia 3 tahun ke bawah durasi maksimal pemaparan agen atau obat anestesi umum atau obat penenang tidak lebih dari 3 jam. Dan jika tidak beresiko untuk diundur, penyaranan usia minimal untuk operasi adalah 3 tahun. Tetapi jika diperlukan dan darurat sebaiknya operasi tidak ditunda.

Sedangkan pada anak usia lebih dewasa, beberapa penelitian mendukung penggunaan anestesi di ruang operasi dengan pengadministrasian sampai batas aman.

Dalam sebuah studi besar yang mempelajari 2.500 siswa setara kelas 3 SMP / SLTP dengan rentang usia yang sama, tidak ditemukan perbedaan penyerapan pelajaran antara siswa yang pernah dianestesi untuk operasi hernia dengan siswa yang tidak pernah terpapar agen / obat anestesi.

Studi lainnya membandingkan anak kembar yang pernah mendapat anestesi dengan anak kembar yang belum pernah mendapat anestesi. Hasilnya tidak ada hubungan antara anestesi dengan prestasi kognitif (kemampuan belajar) anak.

Saat operasi berjalan, dokter atau suster anestesi menggunakan takaran minimal namun efektif, cukup untuk kebutuhan mengontrol obat penenang dan menghilangkan rasa sakit sesuai standar prosedur operasi berjalan. Pertimbangan takaran tersebut adalah berat badan pasien.

Dalam ruang operasi teknik anestesi yang sering dilakukan untuk anak adalah anestesi blok, yaitu dengan memblokir rasa sakit hanya pada area tubuh yang memerlukan tindakan. Keuntungannya pada anak adalah mereka tidak terpapar agen atau obat anestesi melebihi yang seharusnya mereka perlukan.

Menurut dokter anestesi Dr. Julie Niezgoda, MD, meminimalisir paparan agen atau obat anestesi pada anak memang penting, tetapi yang paling utama adalah menahan rasa sakit saat operasi agar anak tidak mengalami trauma awal dan berkepanjangan dengan operasi.

Ini semua karena operasi tidak hanya berpengaruh pada area tubuh yang dibedah, tetapi juga karena operasi dapat meningkatkan hormon dan reaksi sistemik dalam tubuh.

Baca Juga : Tipe-Tipe Anestesi

Reaksi sistemik yang biasa disebut dengan respon stres tersebut adalah perubahan hormon dan metabolisme yang dapat mengganggu pemulihan pasca operasi secara signifikan. Detak jantung, tekanan darah, penilaian skala nyeri dan sistem kekebalan tubuh anak dapat mengalami perubahan karena pengaruh respon stres.

Mengurangi Resiko Stres Anak

Untuk menghilangkan kekhawatiran anak sebagai pasien, sebelum operasi berjalan sebaiknya orang tua berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter anestesi bertugas mengenai usia anak dan ada tidaknya kemungkinan terganggunya perkembangan anak pasca operasi. Sampaikan setiap hal kecil yang dapat membantu anak merasa lebih nyaman.

Misalnya :

  • Kebiasaan menghisap jempol

Jika anak memiliki kebiasaan menghisap jempol, dokter anestesi Anda dapat melakukan injeksi intravena pada kaki. Sehingga tidak mengganggu kebiasaan anak yang suka menghisap jempol.

  • Ketakutan / trauma jarum

Anak dengan ketakutan berlebih pada jarum suntik dapat ditidurkan terlebih dahulu dengan penenang melalui inhalasi sebelum pemasangan IV. Cek terlebih dahulu jika anak memiliki sejarah penyakit asam lambung atau masalah sirkulasi atau perut sebelum memberikan penenang melalui inhalasi. Untuk anak yang berusia lebih dewasa, krim anestesi yang dapat memblokir rasa sakit di tangan dapat dipergunakan sebagai pengganti inhalasi.

  • Yakinkan anak Anda operasi bebas rasa sakit

Biarkan anak Anda bertanya apapun kepada dokter anestesi mulai dari rasa sakit saat operasi atau hal-hal lainnya untuk mengurangi kekhawatiran mereka. Beberapa anak takut terbangun saat operasi, yang lainnya khawatir akan rasa sakit. Yakinkan anak Anda tim dokter siap untuk menjawab apapun pertanyaan mereka.

Leave a Reply