Area Penerapan Ilmu Anestesiologi

area penerapan ilmu anestesiologi

Ilmu anestesiologi memiliki lingkup kerja yang jauh lebih luas bila dibandingkan dengan apa yang dibayangkan oleh sebagian orang. Para dokter spesialis anestesi memiliki tanggung jawab yang besar, lebih dari sekedar mengadministrasikan obat bius kepada para pasien.

Tugas utama para dokter spesialis anestesi serta pelaku ilmu anestesiologi lainnya seperti perawat anestesi adalah merawat pasien sebelum, selama, dan setelah proses operasi. Selain itu, mereka juga memiliki peran dalam bidang lain.

Proses Operasi

Sebelum proses operasi dilaksanakan, pasien akan berdiskusi dengan dokter spesialis anestesi untuk membahas jenis anestesi yang akan diberikan. Jenis atau tipe anestesi yang diberikan perlu disesuaikan dengan kondisi kesehatan pasien serta prosedur operasi yang akan dilakukan.

Setelah anestesi diberikan, proses operasi bisa dimulai, dan selama proses ini berlangsung, sang spesialis akan memonitor beberapa aspek dan fungsi penting dari tubuh pasien, melakukan penilaian tentang cara terbaik merawat organ vital pasien, dan melakukan penyesuaian dalam pemberian obat yang dibutuhkan.

Pada umumnya, fungsi vital yang akan dimonitor selama proses operasi adalah detak dan ritme jantung, tekanan darah, pernapasan, temperatur tubuh, dan keseimbangan cairan tubuh.

Paska Operasi

Setelah operasi, pasien akan mendapatkan pengawasan penuh untuk melihat kondisi pasien hingga pasien sadar sepenuhnya. Dokter spesialis anestesi bisa memutuskan apakah pasien sudah bisa diperbolehkan pulang atau bisa dipindahkan ke ruang perawatan biasa.

Perawatan Gawat Darurat

Dokter ahli anestesi memiliki latar belakang medis yang memungkinkan mereka untuk menangani kondisi gawat darurat. Mereka dapat melakukan asesmen, diagnosis, kontrol infeksi, hingga menyiapkan pasien untuk tindakan operasi darurat.

Spesialiasi dalam Ilmu Anestesiologi

Setiap dokter spesialis anestesi memiliki kemampuan untuk memberikan pelayanan bagi pasien sebelum, selama, dan setelah operasi. Namun, banyak dari mereka yang memilih untuk melanjutkan spesialisasi dalam beberapa bidang berikut:

  • Mengontrol rasa sakit

Poin utama dari ilmu anestesiologi adalah anestesi yang berfungsi untuk menghilangkan sensasi atau membuat anggota tubuh  mati rasa sehingga tidak merasakan sakit selama proses operasi berlangsung.

Mereka yang mengambil spesialisasi dalam bidang ini bisa membantu pasien yang mengalami rasa sakit yang disebabkan oleh berbagai hal mulai dari sakit kepala, diabetes, luka bakar, rasa nyeri di dada, dan berbagai rasa sakit lainnya.

Dalam hal ini, seorang dokter spesialis anestesi bisa memberikan merawat pasien, memberikan resep obat, melakukan prosedur pengobatan, hingga melakukan konseling.

Selain itu, mereka juga bertanggung jawab dalam memberikan perawatan pasien paska operasi dengan cara memberikan resep pereda rasa nyeri yang tepat serta perawatan lain yang dapat membantu pasien agar bisa lebih nyaman untuk mempercepat proses penyembuhan.

  • Perawatan kritis

Dalam bidang ini, peran mereka adalah untuk mendiagnosis ketidakseimbangan yang mengganggu sistem kerja tubuh, baik dalam sistem pencernaan, sistem pernapasan, sistem saraf dan lain sebagainya.

  • Obstetrics

Hal ini berkaitan erat dengan proses melahirkan. Seorang ahli anestesi bisa membantu dalam memberikan obat anestesi yang lebih kuat untuk membantu mengurasi rasa sakit selama proses melahirkan.

Jenis anestesi yang diberikan akan sangat tergantung pada kondisi sang ibu. Anestesi epidural bisa diberikan untuk mengurangi rasa sakit akibat kontraksi, sementara untuk operasi caesar, bisa diberikan jenis anestesi yang lebih kuat untuk membuat bagian bawah tubuh mati rasa dan siap untuk operasi.

Dalam keadaaan kritis dan komplikasi, pemberian anestesi umum bisa dilakukan agar bisa dilakukan tindakan lebih lanjut.

  • Cardiac anesthesia

Cardiac anesthesia merupakan spesialisasi anestesi dalam melakukan prosedur operasi jantung

  • Pediatric anesthesia

Pediatric anesthesia berkaitan erat dengan anestesi dan penanggulangan rasa sakit pada anak-anak.

  • Neuroanesthesia

Neuroanesthesia berkaitan erat dengan operasi yang dilakukan pada daerah otak, spinal cord, dan sistem syaraf.

Leave a Reply