Anestesi Pada Gigi

Penggunaan anestesi pada segala jenis prosedur oral, terutama yang berkaitan dengan gigi dimaksudkan untuk membuat pasien tidak merasakan sakit dan tetap nyaman selama prosedur berlangsung.

anestesi pada gigi

Jenis Anestesi pada Gigi

Ada beberapa jenis anestesi yang dipergunakan dalam prosedur oral, seperti pada proses pencabutan gigi, yaitu:

  • Anestesi lokal

Anestesi lokal merupakan anestesi yang paling umum dilakukan prosedur invasi sederhana misalnya pencabutan gigi.

Jenis anestesi lokal yang umum dipergunakan adalah anestesi yang disuntikkan berupa nerve block anestesi, dimana obat anestesi akan disuntikkan dekat dengan cabang syaraf untuk menghilangkan sensasi serta membuatnya mati rasa. Jenis obat yang umum dipergunakan adalah lidocaine. Selain dalam proses pencabutan gigi, jenis anestesi lokal ini juga dipergunakan untuk prosedur lain misalnya menambal lubang gigi atau perawatan masalah gusi.

Selain dengan cara disuntikkan, obat anestesi lokal juga bisa diberikan dengan cara dioleskan. Cara ini biasanya dipergunakan sebagai persiapan sebelum penyuntikan anestesi lokal, atau bisa juga dipergunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat penyakit mulut sejenis sariawan.

  • Penggunaan anestesi lokal dan obat penenang nitrous oxide

Dalam beberapa kasus, penggunaan anestesi lokal semata tidak cukup. Dalam hal ini, pemberian anestesi lokal bisa dibarengi dengan pemberian obat penenang seperti nitrous oxide.

Campuran antara Nitrous oxide atau yang sering disebut juga laughing gas (gas tertawa) dan oksigen akan diberikan kepada pasien dengan menggunakan masker sebelum dan selama prosedur berlangsung.  Nitrous oxide memberikan efek sedatif sebagai penenang dan efek analgesi sebagai pengurang rasa sakit. Dengan pemberian nitrous oxide,  pasien akan tetap sadar selama prosedur berlangsung namun tetap merasa rileks.

Jenis anestesi seperti ini bisa dipergunakan untuk prosedur oral sederhana serta beberapa prosedur lain yang lebih kompleks seperti proses pencabutan gigi geraham bungsu dan proses implant gigi.

  • Penggunaan anestesi lokal dengan menggunakan infus

Untuk prosedur oral yang kompleks atau untuk pasien yang merasa sangat gugup bisa mempergunakan anestesi dengan infus.

Pada umumnya, cara ini ditempuh untuk pemasangan implant gigi dan pencabutan gigi geraham bungsu. Selama prosedur oral berlangsung, pasien akan tertidur dan tidak menyadari apapun (deep sedation).

Jenis obat yang umum dipergunakan dalam metode anestesi seperti ini adalah Fentanyl, Versed, Ketamine, dan Diprivan.

  • Anestesi umum

Untuk prosedur oral yang jauh lebih kompleks, penggunaan anestesi lokal tidaklah cukup. Prosedur seperti rekonstruksi wajah dan rahang merupakan salah satu contoh prosedur yang membutuhkan anestesi umum.

Pasien yang memiliki riwayat penyakit seperti penyakit jantung atau penyakit lain juga ada baiknya menggunakan anestesi umum yang dilakukan di rumah sakit sebagai bentuk pencegahan.

Persiapan Sebelum Menjalani Prosedur Anestesi pada Gigi

Anestesi pada gigi umumnya diberikan sebelum pasien menjalani sebuah prosedur oral. Sebelum prosedur tersebut dilaksanakan, ada beberapa hal yang perlu didiskusikan oleh dokter gigi dan pasien seperti:

  • Riwayat kesehatan pasien, apakah ada penyakit tertentu, alergi, atau kondisi apapun yang sedang dialami pasien. Kondisi alergi terhadap jenis obat-obatan tertentu perlu diketahui sebelumnya untuk menghindari munculnya reaksi alergi
  • Obat-obatan yang sedang dikonsumsi. Pasien yang sedang mengkonsumsi obat pengencer darah umumnya dianjurkan untuk menghentikan konsumsi obat selama beberapa hari sebelum prosedur dilakukan (misalnya sebelum dilakukan pencabutan gigi).
  • Kondisi fisik pasien seperti berat badan
  • Tingkat kecemasan pasien. Beberapa pasien mungkin memiliki tingkat kecemasan yang sangat tinggi, dimana pemberian anestesi lokal mungkin tidak akan cukup untuk membuat pasien tetap tenang selama prosedur berlangsung, sehingga diperlukan tambahan obat penenang

Perawatan Paska Prosedur Oral

Paska prosedur oral, pasien mungkin perlu mengkonsumsi beberapa jenis obat-obatan termasuk diantaranya obat pereda rasa nyeri. Jenis obat yang diberikan akan sangat bergantung pada jenis prosedur yang dilakukan. Pada umumnya obat yang diberikan merupakan obat analgesi tipe:

  • Non-narkotik, merupakan jenis obat yang paling umum diberikan untuk mengurangi rasa sakit pada gigi, contohnya acetaminophen, ibuprofen, dan aspirin.
  • Narkotik, yang umumnya dipergunakan untuk rasa nyeri yang lebih hebat dan membutuhkan resep dokter.

Leave a Reply